nanya item jcombobox dari databse

brigade al qossam
Rekans saya mohon bantuannya untuk aplikasi sederhana yang saya buat
file aplikasi saya lampirkan

Ketika menjalankan Form Karyawan dari MainMenu kenapa seperti terjadi balank
ya, dan componen yang muncul hanya ketika disorot pake mouse

Untuk ngisi jComboBox yang datanya dari Database gimana?
misalnya saya punya field/item kode_dept dari tabel departemen kemudian
ingin menampilkan field tersebut kedalam suatu jComboBox, caranya gimana?

Tahnx ya

Re: nanya item jcombobox dari databse

Ifnu bima
> misalnya saya punya field/item kode_dept dari tabel departemen kemudian
> ingin menampilkan field tersebut kedalam suatu jComboBox, caranya gimana?

sebaiknya dibuat dulu class departement untuk menampung data dari
table departement, byar kelihatan OOPnya, nggak kelihatan query2
doank.

public class Departement{

   private Integer kode;
   private String Name;
   //getter setter di sini

   public String toString(){
       return name;
   }
}

di class pemanggil kodenya begini :

Statement statement = connection.createStatement();
ResultSet rs = statement.executeQuery("select * from t_departement");

while(rs.next){
   Departement d =  new Departement();
   d.setKode(rs.getInt("kode_dept");
   d.setName(rs.getString("nama_dept");
   comboBox.addItem(d);
}

nah ada masalah karena si class Departement ini nanti ditampilkan
dengan cara yang aneh, ada 2 cara agar membuat tampilan JComboBox
bagus, pertama harus override method toString dari class Departement,
contohnya ada di atas. cara kedua adalah dengan membuat Renderer baru
untuk JComboBoxnya :

public class DepartementRenderer extends DefaultListCellRenderer{

    public Component getListCellRendererComponent(JList list, Object
value, int index,
          boolean isSelected, boolean cellHasFocus) {
          JLabel label = (JLabel)
super.getListCellRendererComponent(list, value, index, isSelected,
cellHasFocus);
        i f(value instanceof Departement){
            Departement dept = (Departement) value;
            label.setText(dept.getName());
        }
        return label;
}

trus tambahkan kode ini untuk set renderer combo box :

comboBox.setRenderer(new DepartementRenderer());

smoga ga tambah puciingg...

--
Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia
Java Training Center

http://ifnu.artivisi.com
+62 856 9211 8687
regards

Re: nanya item jcombobox dari databse

brigade al qossam
Wah beneran koq jadi bingung ya, pake setter and getter lagi ukh.....

Mas Ifnu bisa minta tolong dibuatin syntax untuk j combobox yang isinya kode
departemen, contohin satu aja dulu mas, dan klo bisa buatnya sesuai dengan
file yang saya kirim, dengan kata lain, tolong dibuatin difile yang saya
kirim sebelumnya, lalu setelah dibuatin dikirimin ke saya contoh yang sudah
dibuat, mungkin bisa lebih mempermudah memahaminya mas
thanx banget ya mas atas responnya

2008/8/11 brigade al qossam <[hidden email]>

> [...]
> misalnya saya punya field/item kode_dept dari tabel departemen kemudian
> ingin menampilkan field tersebut kedalam suatu jComboBox, caranya gimana?

Re: Re: nanya item jcombobox dari databse

Ifnu bima
> [...]
> kirim sebelumnya, lalu setelah dibuatin dikirimin ke saya contoh yang sudah
> dibuat, mungkin bisa lebih mempermudah memahaminya mas

sory attachment di milis ini didisabled, mungkin bisa diupload di
suatu tempat, misalnya googlepages.com trus diposting link-nya di
sini.

Cara yang saya ajarkan itu biasanya digunakan secara luas kalau kita
sudah mendesain aplikasi dengan konsep OOP yang baik, dan menurut saya
itu praktek yang oke banged, daripada berkutat dengan kode prosedural
lebih baik dicoba dulu memahami kode diatas. Nanti pada saat udah
mulai terbiasa coding java larinya ke sana juga kok. :D

+62 856 9211 8687
regards

Re: Re: nanya item jcombobox dari databse

brigade al qossam
Alhamdulillah akhirnya bisa juga nampilin field table database ke jComboBox,
terima kasih banyak mas ifnu atas bantuannya.

Oiya ada lagi nih yang mau saya tanya
Untuk nampilin data dari database ke jTextField yang dinamis gimana ya mas
misalkan
saya punya field dalam table database dengan nama ID dan Nama
Kemudian data di jComboBox saya isi dengan field ID sehingga tinggal
memilih-milih ID saja,
Ketika salah satu ID yang ada di jComboBox itu saya pilih maka secara
otomatis di jTextField terisi dengan Nama dari pemilik ID tersebut sesuai
dengan yang ada di database.
Solusinya gimana mas?
Thanx ya mas

On 8/11/08, Ifnu bima <[hidden email]> wrote:

> [...]

> Ketika salah satu ID yang ada di jComboBox itu saya pilih maka secara
> otomatis di jTextField terisi dengan Nama dari pemilik ID tersebut sesuai

klik kanan di JComboBox terus pilih event-> action -> actionPerformed

di jendela kode yang terbuka buat kode untuk mengambil nama dari iD
tersebut, misalnya :

Integer id = (Integer) comboBox.getSelectedItem();
ResultSet rs = statement.executeQuery("select nama from t_table where
id=" + id);
if(rs.next()){
    textField.setText(rs.getString("nama"));
}

+62 856 9211 8687
regards

Re: Re: nanya item jcombobox dari databse

brigade al qossam
Alhamdulillah
Semuanya dah bisa mas ifnu
untuk comboboxnya sudah bisa saya gunakan query sql yang ditampung di
resultset kemudian ditampilkan ke combobox lewat additem
untuk textfieldnya, kemarin itu yang ada dibenak saya ketika terjadi
perubahan di combobox maka textfield akan menginput suatu field dari
database, maka saya gunakan itemselectedchanged pada combobox,kemudian saya
deteksi dengan menggunakan query sql pake like agar bisa meampilkan field yg
kita inginkan

Ternyata cara yang dari mas ifnu untuk textfieldnya juga cukup simpel

Thanx ya mas ifnu, untuk saat ini permasalahan dah close
Ntar menunggu masalah-masalah lainnya

sama-sama, senang bisa membantu :)

--
Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia
Java Training Center
See our course @ artivisi.com

http://ifnu.artivisi.com
+62 856 9211 8687
regards

Re: Re: nanya item jcombobox dari databse

virus_php
kk saya juga pingin hal seperti itu tapi kok setelah saya terapkan knp tidak bisa ya...??