mengedit generate code

ch3ster_3dyngton
Hi rekan semua aku newbee neh ma java n netbeans, salam kenal :D
Aku mao coba buat form yang ditampilkan ditengah. aku coba masukin
code ini pada method initComponent():

setLocation((screen.width - 200)/2, ((screen.height - 150)/2));

nah gimana caranya biar bagian method initComponent yang generate code
itu bisa aku masukin code diatas? best regards :)

Re: mengedit generate code

javakren
dua cara :
1. bisa dari JFrame->code->Form size policy->Generate resize code
2. di bawah public class tambahkan :
      private Dimension d =Toolkit.getDefaultToolkit().getScreenSize();

   di bawah initcomponent tambahkan
   setSize(getSize().width,getSize().height);
        setLocation(d.width/2-getWidth()/2,d.height/2-getHeight()/2);
    jangan lupa tambahkan :
        import java.awt.Dimension;

Re: mengedit generate code

Tonny Kohar
Hi,

On Thu, 2008-04-03 at 04:32 +0000, ch3ster_3dyngton wrote:
> [...]
>
> nah gimana caranya biar bagian method initComponent yang generate code
> itu bisa aku masukin code diatas? best regards :)

Pertama2 memang generate code itu bukan di maksudkan untuk di edit
manually, karena generated code itu akan selalu di generate dari .form
file. Jadi kalau dengan editor lain (eg: text editor, notepad, dll)
berhasil di edit, ada kemungkinan ntar hasil editnya akan hilang, ketika
form tsb di modify lagi di Form Editor. Dan yang paling gawat, bisa2
form tsb tidak bisa di buka lagi di Form Editor.

Dan selalu ingat dengan basic Object Oriented Design, di kasus ini coba
ingat2 tentang OO constructor. Dengan memahami konsep OO constructor
maka anda bisa dengan mudahnya menambahi kode di constructor tanpa
merubah generated kode
contoh:

public class SomeFrame extends JFrame {
    public SomeFrame() {
        initComponent(); // <-- ini buatan netbeans, jangan di rubah2
        initCustomComponent(); // <-- buat perubahan di sini, baru aman

        // atau custom code anda bisa di taruh di sini
        /* kustom kode anda */
    }

    /** Taruh custom code anda disini, dengan tanpa merubah generated
cod */
    private void initMyComponent() {
       setLocation((screen.width - 200)/2, ((screen.height - 150)/2));
    }
}

Atau tanpa membuat method yang baru bisa langsung di tambahkan di
constructornya. Just leave initComponent() alone :)

Cheers
Tonny Kohar
--
KIYUT
imagine, design, create ...
http://www.kiyut.com

Re: mengedit generate code

ch3ster_3dyngton
--- In [hidden email], Tonny Kohar <tonny@...> wrote:

> [...]
>
> Atau tanpa membuat method yang baru bisa langsung di tambahkan di
> constructornya. Just leave initComponent() alone :)

Thanks 4 all. jadi kesimpulannya generate code itu gak bisa diedit.
kalo mao nambahin kode tambahin di konstruktornya aja ya...

Re: Re: mengedit generate code

sayed muchallil
kalau pake method ini gimana

setLocationRelativeTo(null);

dan kayaknya bener..
ga perlu ngerubah initComponent
kalau untuk meletakkan di tengah...
mudah2an bisa membantu

sayed muchallil

On Sat, 2008-04-05 at 07:39 +0200, sayed muchallil wrote:
> kalau pake method ini gimana
>
> setLocationRelativeTo(null);
>
> dan kayaknya bener..
> ga perlu ngerubah initComponent
> kalau untuk meletakkan di tengah...
> mudah2an bisa membantu

Nah ini pentingnya untuk selalu baca Javadoc, ketika ragu ragu
(*mungkin), jadi bisa bener2 tahu apakah methods/functions (Public API)
itu behaviournya gimana.

Ini adalah setLocationRelativeTo() desription dari Javadoc. Jadi tidak
selalu centered karena ada kondisi kalau ada bagian component yang
offscreen ...

"Sets the location of the window relative to the specified component. If
the component is not currently showing, or c is null, the window is
centered on the screen. If the bottom of the component is offscreen, the
window is placed to the side of the Component that is closest to the
center of the screen. So if the Component is on the right part of the
screen, the Window is placed to its left, and visa versa."

Note: Description dari Javadoc seharusnya valid, kalau ternyata
descripsinya berbeda dengan kenyataan, bearti ada bug di java API. Dan
waktunya untuk submit bug report ke Sun supaya bisa di fix

Cheers
Tonny Kohar
--
KIYUT
imagine, design, create ...
http://www.kiyut.com

Re: mengedit generate code

danywhy
hi..

--- In [hidden email], "sayed muchallil"
<sulth4n@...> wrote:

> kalau pake method ini gimana

> [...]

alternatif lain gak perlu coding, tinggal klik formnya
dan pilih tab code,
ubah Combo Box Form Size Policy dari Generate Pack
ke Generate Resize Code untuk mengaktifkan option Generate Size dan
Generate Center nya.

maaf hanya ingin memperjelas pernyataan pak Tony Kohar :p
Maksud saya begini, ok memang bila diedit manually
di text editor lain memang dapat mengakibatkan
form tidak dapat lagi dibuka di Form Editor netbeans.

Tapi tentunya banyak cara menambah/mengedit code melalui option
Custom Creation Code. Pre Creation Code, Post Creation Code,
dan lain sebagainya di tab Code dari Properties form tsb.
Atau di nb 6 bila itu adalah komponen selain JFrame,
maka kita bebas mengeditnya dengan klik kanan di komponen tsb dan
memilih menu item Customize Code di popup yg tampil.

Salam Hangat,
Meychel Danius FS
http://dany.web.id/