menampilkan gambar dari sebuah path

Agus Joko
Dear temans,
Saya bingung bagaimana menampilkan gambar dri path tertentu.Saya berhasil menampilkan gambar  dengan potongan program berikut :

 String letakfile = "/baboon.png";
  BufferedImage gambar = ImageIO.read(getClass().getResourceAsStream(letakfile));
  jLabel1.setIcon(new ImageIcon(gambar));

Yang saya perhatikan letak file baboon.png tersebut ada dalam  folder classes (Project\build\classes). Saya pake netbeans.

Namun saya tidak berhasil menampilkan gambar jika letak file gambar tersebut di path lain atau diambil dari sebuah kontent dari  textfield
sebagai contoh :
String letakfile=jTextField1.getText();//misalkan jTextfield1-nya berisi text"D:\agus\lena.png"

  BufferedImage gambar = ImageIO.read(getClass().getResourceAsStream(letakfile));

  jLabel1.setIcon(new ImageIcon(gambar));

 Apakah perintah ImageIO.read(getClass().getResourceAsStream hanya bisa menload gamabr  dri Project\build\classes?

Ada yg bs membantu kasi pencerahan agar saya bisa secara dinamis menload gambar dari path tertentu secara dinamis(sesuai dengan kontent jtextField).

Trimakasih seblummnya.

agus

Re: menampilkan gambar dari sebuah path

Ifnu bima
2012/10/10 Agus Joko <[hidden email]>
> ImageIO.read(getClass().getResourceAsStream(letakfile));
>   jLabel1.setIcon(new ImageIcon(gambar));

getResourceAsStream itu digunakan kalau filenya berada dalam
classpath. Kalau di netbeans, semua file yang berada dalam folder
classes dan dalam jar sudah dimasukkan dalam classpath. Kalau filenya
tidak berada dalam classpath, dan menggunakan absolute path, maka gak
boleh pake getResourceAsStream, bikin saja fileinput stream

ImageIO.read(new FileInputStream(letakfile);

--
http://ifnubima.org/indo-java-podcast/
http://tanyajava.com/download/javadesktop

regards