Tanya lisensi

rizki   yuwanda
Dear allMohon maaf nih, saya mau nanya tentang lisensi, saya udah
googling tapi masih belum mantap, yang ingin saya tanyakan adalah
bagaimana caranya agar program yang dibuat dapat menjadi legal dan sah
apabila di komersilkan dengan catatan tools yang dipakai adalah :
- JDK / JRE- Netbeans- PostgreSQL / MySQL- Jasper Reportt- Ireport
Yang saya tau kalo ga salah kan untuk JDK dan MySQL itu ga bisa di
jadikan satu file zip dengan  aplikasi ya ? Dan jalan yang terbaik untuk
mendistribusikan program akhir ke klien harus bagaimana ya?
terima kasih

Re: Tanya lisensi

Oscar Kurniawan
JDK untuk apa dikasih ke klien? bukannya tinggal pasang JRE dan MySQL di
tempat klien secara terpisah?
Aplikasinya web/desktop?

2012/12/23 Rizki Yuwanda <[hidden email]>

> [...]
> satu file zip dengan  aplikasi ya ? Dan jalan yang terbaik untuk
> mendistribusikan program akhir ke klien harus bagaimana ya?

Re: Tanya lisensi

rizki   yuwanda

--- In [hidden email], Oscar Kurniawan <misugijunz@...> wrote:

> JDK untuk apa dikasih ke klien? bukannya tinggal pasang JRE dan MySQL di
> tempat klien secara terpisah?
> Aplikasinya web/desktop?

Untuk klien adalah JRE, aplikasi desktop,misalkan instalasi nya lewat file yang sudah kita atur gimana ? misal apabila kita eksekusi file tersebut maka jre dan mysql akan terinstall , dengan catatan jre dan mysql di ekstrak dulu dari file zip yang jadi satu dengan software

Re: Tanya lisensi

Endy Muhardin
Pada waktu bikin installer untuk aplikasi kita, yang menjadi isu utama
adalah
**bolehkah kita mempaketkan aplikasi kita bersama dengan aplikasi lain** ??

Kegiatan ini bahasa Inggrisnya adalah redistribution, dimana kita
membagi-bagikan software orang lain,
misalnya JRE, MySQL Server, dsb.

Google dengan keyword JRE/MySQL/dsb redistribution license, akan
menghasilkan summary berikut:

1. JRE : bebas untuk diredistribusikan, artinya boleh dipaket bareng sama
aplikasi kita.
http://stackoverflow.com/questions/2716391/is-there-a-mechanism-to-distribute-an-app-with-its-own-jre

2. MySQL : tidak boleh kecuali bayar atau aplikasi kita diopen-source juga.
http://www.mysql.com/about/legal/licensing/oem/

3. ExtJS : mirip dengan MySQL
http://www.sencha.com/products/extjs/license/

4. PostgreSQL : bebas, hanya harus menyertakan dua paragraf
http://www.postgresql.org/about/licence/

5. Jasper Report : bebas, asal gak dimodifikasi
http://community.jaspersoft.com/questions/522213/jasper-reports-licensing

6. iReport : tidak boleh, dia pakai lisensi AGPL
http://programmers.stackexchange.com/questions/107883/agpl-what-you-can-do-and-what-you-cant

Dari list di atas, JRE dan PostgreSQL bisa dibundel bareng aplikasi kita.
MySQL tidak boleh, kita harus bikin script di installer kita untuk
mendownload dari situs resminya dan kemudian menginstalnya.
Jasper Report boleh dibundel.
iReport gak boleh dibundel, kecuali aplikasi kita AGPL juga.

Endy Muhardin
http://software.endy.muhardin.com

> [...]

> satu file zip dengan  aplikasi ya ? Dan jalan yang terbaik untuk
> mendistribusikan program akhir ke klien harus bagaimana ya?

Re: Tanya lisensi

Subekti P.
Mohon koreksi jika salah...

Ada beberapa aplikasi yg memaketkan mysql jg:

1. Zimbra community edition
2. Manage engine service desk, commersial.

Regard,
Subekti

Re: Tanya lisensi

rizki   yuwanda
oh jadi gitu ya, jadi seandainya JRE ,PostgreSQL dan aplikasi komersil buatan sendiri di paketkan dalam satu zip misalnya, itu legal kan.

Oh ya untuk aplikasi komersil buatan sendiri biasanya menggunakan lisensi apa n isi lisensi nya apa saja?
Maaf kebanyakan tanya, sbetulnya msh ada sih yg ingin ditanyakan

--- In [hidden email], Endy Muhardin <endy.muhardin@...> wrote:

> [...]
> Jasper Report boleh dibundel.
> iReport gak boleh dibundel, kecuali aplikasi kita AGPL juga.

Re: Re: Tanya lisensi

Ifnu bima
2012/12/25 Rizki Yuwanda <[hidden email]>
> oh jadi gitu ya, jadi seandainya JRE ,PostgreSQL dan aplikasi komersil
> buatan sendiri di paketkan dalam satu zip misalnya, itu legal kan.

legal.

> Oh ya untuk aplikasi komersil buatan sendiri biasanya menggunakan lisensi
> apa n isi lisensi nya apa saja?
> Maaf kebanyakan tanya, sbetulnya msh ada sih yg ingin ditanyakan

Lisensi komersial, isinya terserah masing-masing. Semua template
lisensi yang ada, rata-rata kalau gak turunan dari GPL, turunan dari
APL dengan sedikit modifikasi.

--
http://ifnubima.org/indo-java-podcast/
http://tanyajava.com/download/javadesktop