Menggunakan JavaDB

Anton Hartono-2
Dear All,

Saya telah post thread berikut ini, tapi kok tidak masuk ya....

Sorry sebelumnya jika saya pernah menanyakan hal ini.
Saya ingin menggunakan javadb sebagai database saya, agar lebih gampang
mendistribusikannya ke klien ( sebagai demo ) karena standalone tidak
membutuhkan instalasi.
Yang saya gunakan adalah :

   - Netbeans
   - Javadb ( database )
   - OS Windows XP

Pertanyaan saya adalah :

   1. Bagaimana settingan di Netbeansnya agar JavaDb tersebut bisa terbaca
   ( tables + passwoodnya ) saat didistribusikan ?
   2. Selain dir dist, apa saja yang harus saya distribusikan ke klien ?
   3. Setting apa saja yang harus dilakukan di Windows agar bisa jalan
   aplikasi tersebut beserta databasenya ?

Terima Kasih atas perhatiannya.

Anton Hartono
antonhartono.blogspot.com

Re: Menggunakan JavaDB

Heru Susmono
1. Sebenarnya tidak terlalu sulit mendistribusikan java program. Yang anda
lakukan adalah googling saja tentang hal tersebut, pasti banyak sekali
informasinya mengenai itu.

2. Pengalaman saya dalam memakai embedded database cukup mudah, bahkan
database tidak perlu diberi proteksi password, karena toh embedded dengan
program java itu sendiri. Tidak ada setting yang aneh-aneh di netbeans.
Berikut ini contoh database connection credentials yang saya gunakan:

    String dbUrl = "jdbc:derby:";
    String dbUserName = "root";
    String dbPassword = "";
    String dbName = "db"; // Database anda ada di folder db (atau apapun
namanya)
    String dbDriver = "org.apache.derby.jdbc.EmbeddedDriver";

3. Anda tinggal distribusikan apa yang ada di folder /dist saja. Juga
jangan lupa folder tempat database disimpan juga disertakan. Tentu saja
client anda musti instal juga JRE-nya untuk bisa menjalankan program anda,
dia bisa install sendiri dari misalnya situsnya oracle, atau anda sertakan
juga saat distribusi, sehingga dia tidak repot-repot mengunduh JRE.

Salam

<http://www.facebook.com/heru.susmono>