Management Aplikasi

toni koentjoro
Dear Freinds,...
tolong tanya,..
aku mau buat aplikasi pakai swing, jumlah aplikasi nya cukup banyak,
(katakanlah 20 aplikasi),
yg ingin aku tanyakan :
1. lebih efektif mana jika semaua aplikasi saya jadikan 1 atau saya
pisah2 per aplikasi ?
2. kalau saya jadikan 1, apakah proses running nya akan menjadi lambat ?

please advice and thanks

rgds

Linux User  : 456774
Ubuntu User : 18142
Ym : honocoroko

Re: Management Aplikasi

Tonny Kohar
Hi,

On Thu, 2008-02-28 at 09:14 +0700, toni wrote:

> [...]
> pisah2 per aplikasi ?
> 2. kalau saya jadikan 1, apakah proses running nya akan menjadi

Kalau yang no 1, tidak ada comment, terserah yang buat applikasi

Kalau yang no 2, Java sekarang cukup cepat jadi tidak ada masalah.
Dan juga java menggunakan konsep lazy loading, jadi class atau resources
yang belum di pakai tidak akan di load oleh JVM nya, class/resources
tersebut baru akan di load oleh JVM nya ketika di pakai/direference
(jadi tidak mengganggu performance)

Cheers
Tonny Kohar

--
Inspiration and Expression
http://blogs.kiyut.com/tonny/

Re: Management Aplikasi

toni koentjoro

On Thu, 2008-02-28 at 11:30 +0700, Tonny Kohar wrote:

> [...]
> yang belum di pakai tidak akan di load oleh JVM nya, class/resources
> tersebut baru akan di load oleh JVM nya ketika di pakai/direference

jadi pada prinsip nya kalau di jadi kan 1 gak masalah, meskipun aplikasi
nya buaaanyak, gitu kan Mas ?

thanks

Linux User  : 456774
Ubuntu User : 18142
Ym : honocoroko

Re: Management Aplikasi

Tonny Kohar
Hi,

On Thu, 2008-02-28 at 11:46 +0700, toni wrote:

> jadi pada prinsip nya kalau di jadi kan 1 gak masalah, meskipun
> aplikasi
> nya buaaanyak, gitu kan Mas ?

Iya betul, tidak masalah meskipun applikasinya banyak.

Dan mengenai management aplikasinya, saya lebih prefer pada management
component daripada management aplikasi karena aplikasi (bagi saya) itu
hanya sekedar container untuk hosting components / modules.

Jadi menurut saya (subjective opinion) lebih baik applikasinya di split
berdasarkan component/module bukan tipe applikasinya. Jadi lain kali
kalau mau buat aplikasi baru tinggal di plug (component yang sudah jadi)
and play gitu.

Note: component yang saya maksud di sini itu bukan swing component (eg:
panel, form, etc), tapi lebih ke arah component/module (kombinasi dari
beberapa panel, form, etc yang menjadi satu kesatuan yang utuh untuk
task tertentu eg: komponen inventory, komponen General Ledger, dll)

Cheers
Tonny Kohar
--
Inspiration and Expression
http://blogs.kiyut.com/tonny/

Re: Management Aplikasi

toni koentjoro

On Thu, 2008-02-28 at 12:03 +0700, Tonny Kohar wrote:

> [...]
> beberapa panel, form, etc yang menjadi satu kesatuan yang utuh untuk
> task tertentu eg: komponen inventory, komponen General Ledger, dll)

terima kasih Mas, info nya komplit banget

rgds

Linux User  : 456774
Ubuntu User : 18142
Ym : honocoroko

Re: Management Aplikasi

Hendro Steven
IMHO yang membuat aplikasi berat
bukan karena dia dijadikan satu atau dipecah menjadi modul-modul tetapi justru lebih pada desain aplikasi, algoritma atau design pattern yang digunakan. Aplikasi swing seharusnya gak begitu berat kalo disainnya bagus contoh Compiere. Contoh lain misalnya kita akan menampilkan data di table yang jumlah recordnya ribuan, nah pasti kalo data ini kita load semua pasti aplikasi akan terasa lambat. Tapi kalo kita lakukan paging misalnhya pasti aplikasi akan jauh lebih cepat :) atau misalnya kita akan menampilkan data dari beberapa tabel yang berbeda dan kita melakukan query kebeberapa tabel yang berbeda tadi pasti akan lebih lambat jika hanya melakukan query ke 1 tabel saja. Nah tentunya desain database/table-table yang baik dan benar juga akan berpengaruh terhadap kinerja aplikasi kita.

Tapi saya setuju dengan konsep modular :) tinggal bagaimana kode didalam modul-modul itu benar-benar kode yang paling efisien untuk menyelesaikan masalah :D

---

[...]

----
Y! : hendro_steven
http://hendrosteven.wordpress.com