Java Meet Up 03-2014 : Pentaho dan NoSQL oleh Feris Thia

Java Meet Up 03-2014 : Pentaho dan NoSQL oleh Feris Thia

Ifnu bima
Pentaho dan NoSQL

Banyak enterprise menghabiskan sekitar 80 - 90 persen waktunya dalam
mempersiapkan data sebelum dapat menghasilkan laporan manajemen yang
baik.

Dengan demikian, perlu disadari bahwa sistem reporting ataupun
dashboard yang canggih hanya sebagian kecil dari solusi. Data
warehouse biasanya adalah solusi untuk hal ini. Namun tanpa alat dan
teknologi backend yang mumpuni untuk membentuk data warehouse dari
sumber data yang semakin kompleks - ukuran maupun struktur - maka
investasi pada sistem reporting yang telah ada terancam menjadi
sia-sia karena produktivitas yang sangat rendah.

Salah satu solusi dari dunia open source adalah kombinasi dari
penggunaan Pentaho Data Integration dan database NoSQL seperti
MongoDB, Cassandra, CouchDB, dll. Pentaho Data Integration sendiri
adalah ETL (Extract, Transform and Load) tool yang telah banyak
diimplementasikan di Indonesia mulai dari perusahan trading, retail,
telecommunication sampai banking.

Pada JAMU ini saya akan menjelaskan latar belakang kenapa diperlukan
data preparation yang baik, kenapa sistem entri saat ini yang sudah
mapan tidak banyak membantu, bagaimana Pentaho Data Integration serta
Database NoSQL dapat membantu, dan terakhir demo penggunaan kedua
teknologi ini.

Hari & tgl : Jum'at, 7 Maret 2014.

Waktu : Pukul 18.00 - 21.00

Lokasi : Kantor Blibli.com, KS Tubun 2C/8, Slipi, Jakarta Barat

Pemateri : Feris Tia, Founder at Lightora.com, Data Scientist at PHI-Integration

Agenda Acara :
18.00-19.00 : Makan-makan, Registrasi ulang, sholat maghrib, networking
19.00-21.00 : Presentasi "Pentaho dan NoSQL", demo dan tanya jawab
21.00- selesai : Pindah lokasi, hangout sampai tepar :P
Pastikan datang lebih awal dan membawa kartu nama agar bisa networking
ngobrol-ngobrol dengan peserta lain sambil makan-makan :).

Transportasi :
- Trans jakarta Koridor 9 (Pluit - Pinang Ranti) turun di Halte Slipi
Petamburan (perempatan slipi, Jakarta Design Center), kemudian naik
angkot P9 atau P11 ke arah tanah abang. Turun di pertigaan kimia farma
setelah RS Pelni. Kemudian jalan ke KS Tubun 2C/8

- KRL Commuter Line turun di Tanah abang, di pintu keluar nyebarang
jalan kemudian naik P9 atau P11, turun di pertigaan kimia farma.
Kemudian jalan ke KS Tubun 2C/8.

- Kendaraan pribadi bisa mengikuti google map :
http://bit.ly/kantor-blibli longitude dan latitudenya :
-6.188555,106.804612

Kontak :
- Front Desk blibli.com +62-21-25670090
- Ifnu 08111332204
- Dito 087876433665

JaMU bulan Januari lalu sangat sukses dengan lebih dari 150 orang peserta,
info lengkap : http://jamu-01-2014.eventbrite.com
koleksi foto-fotonya :
https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.10151888242273017&type=1
screencast : http://www.youtube.com/watch?v=4312GuJVvxs

JaMU bulan Februari lalu cukup sukses dengan lebih dari 90 orang peserta,
info lengkap : http://jamu-02-2014.eventbrite.com
koleksi foto-fotonya :
https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.10151937340278017&type=1

Sampai jumpa di tempat acara!!

--
http://ifnubima.org/indo-java-podcast/
http://project-template.googlecode.com/

regards

Re: [pentaho-id] Java Meet Up 03-2014 : Pentaho dan NoSQL oleh Feris Thia

Ifnu bima
JaMU selalu free

> [...]
> Indonesia" dari Grup Google.
> email ke pentaho-id+berhenti [hidden email] .

regards

Re: Java Meet Up 03-2014 : Pentaho dan NoSQL oleh Feris Thia

Ifnu bima
Wah kelupaan link untuk pendaftaran di : http://jamu.eventbrite.com