HELP: problem koneksi mysql

Sandy Fajar
Dear all,

saya buat aplikasi swing pake netbean 5.5.1 dan database mysql 5.0.45
(Tables: InnoDB) untuk koneksi dengan Database saya menggunakan
mysql-connector v3.1.1, ketika koneksi dengan url= "localhost", tidak
ada masalah berarti, tapi pas server_name saya rubah ke IP Address
komputer saya (komputer yang sama)--> url= "10.19.3.50"
wuih...leletnya minta ampun, tapi saya perhatikan hanya perintah
select aja yang mengalami masalah (lelet) untuk perintah insert into,
update, dan delete tidak ada masalah, adakah yang bisa membantu saya
memecahkan masalah saya

Info tambahan: server database menggunakan Redhat Enterpries 4.0,

skrip DbBean.java

import java.sql.Statement;
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.PreparedStatement;
import java.sql.ResultSet;
import java.sql.SQLException;

public class DbBean extends javax.swing.JInternalFrame {
    private Boolean beginTransaction=false;
    PreparedStatement stmt=null;

    Main m=new Main();
    private String driver ="";
    /* --> pake url ini jadi lelet;
    private String url = "10.19.3.50";
    */
    private String url = "127.0.0.1"; //mendingan, padahal di komputer
yang sama
    private String username = "admin";
    private String password = "passadmin";

    private Connection connection;
    private Statement statement;

    public DbBean() {
        switch (2){
            case 1:
                driver ="oracle.jdbc.driver.OracleDriver";
                url = "jdbc:oracle:thin@" + url + ":1521:xe";
                break;
            case 2:
                driver ="com.mysql.jdbc.Driver";
                url = "jdbc:mysql://" + url + ":3306/" +
m.getDatabase() ;
                //System.out.println("curdir: "+m.getCurrentdir());
                break;
            case 3:
                driver ="com.microsoft.sqlserver.jdbc.SQLServerDriver";
                url = "jdbc:sqlserver://" + url + ";databaseName=" +
m.getDatabase() ;
                break;
        }
    }

    public void connect() throws SQLException, ClassNotFoundException{
        Class.forName(driver);
        connection=DriverManager.getConnection(url, username, password);
        statement = connection.createStatement();
    }

    public void close() throws SQLException{
        statement.close();
        connection.close();
        setCursor(null);
    }

    public boolean execute(String query) throws SQLException{

        statement.execute(query);
        System.out.println(query);
        return true;
    }

    public ResultSet executeQuery(String query) throws SQLException{
        System.out.println(query);
        return statement.executeQuery(query);
    }

    public Connection getConnection() {
        return connection;
    }

    public Boolean BeginTransaction() {
        Boolean status=false;
        try {
            getConnection().setAutoCommit(false);
            System.out.println("Transcation Begin");
            beginTransaction=true;
            status=true;
        } catch (SQLException ex) {
            ex.printStackTrace();
        }
        return status;
    }

    public Boolean CommitTransaction(){
        Boolean status=false;
        if (beginTransaction==true){
            try {
                getConnection().commit();
                getConnection().close();
                System.out.println("Transcation Commited");
            } catch (SQLException ex) {
                ex.printStackTrace();
            }
        }
        return status;
    }

    public Boolean RollBackTransaction(){
        Boolean status=false;
        if (beginTransaction==true){
            try {
                getConnection().rollback();
                getConnection().close();
                System.out.println("Transcation rolled back");
            } catch (SQLException ex) {
                ex.printStackTrace();
            }
        }
        return status;
    }

    public void setConnection(Connection connection) {
        this.connection = connection;
    }
}

Re: HELP: problem koneksi mysql

Masim "Vavai" Sugianto
On 2/14/08, Sandy Fajar <[hidden email]> wrote:

> [...]
> memecahkan masalah saya
>
> Info tambahan: server database menggunakan Redhat Enterpries 4.0,

Halo Sandi,

Coba periksa file /etc/hosts server database dan periksa apakah IP komputer
yang hendak mengakses terdaftar disana atau tidak ? Jika belum, tambahkan
host name dan IP Address komputer yang hendak mengakses.

Setiap koneksi ke server Linux biasanya dicheck dari mana asalnya.
Pengecekan ini pertama dilakukan di file /etc/hosts dan jika tidak
ditemukan, akan dicheck ke DNS Server. Jika setting DNS tidak baik atau
kurang tepat, akan berimbas pada kecepatan akses ke database MySQL karena
server membutuhkan waktu buat menerima koneksi dari ip address yang
memerlukan verifikasi.

Penambahan IP Address dan Hostname di /etc/hosts akan memastikan bahwa
komputer yang mengakses sudah terdaftar sebagai "trusted client"

Artikel yang relevan :
http://www.vavai.com/blog/index.php?/archives/104-MySQL-Amazing-Tips-for-improve,-tuning-and-increase-MySQL-Performance.html

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
/************************************************************/
Blog (ID)         : http://www.vavai.com/blog/index.php
Blog (EN)        : http://www.vavai.net
Community      : http://www.opensuse.or.id
Email              : [hidden email]
/************************************************************/

Re: HELP: problem koneksi mysql (solved!)

Sandy Fajar
Huff..my mistake...hehehehe :D, ternyata yang perlu saya lakukan
adalah mendaftarkan setiap IP Client yang terhubung ke server MySQL tsb.
Problem solved, case closed

--- In [hidden email], "Sandy Fajar"
<studio_shompr3d@...> wrote:

> [...]
> memecahkan masalah saya
>
> Info tambahan: server database menggunakan Redhat Enterpries 4.0,

Java Mobile (J2ME)

kokonemesis
Di milis ini jarang banget bahas ttg J2ME .
Atau mungkin krn jarang dipakai kalee ya.
Klo sobat2 ada yg tau milis J2ME yg bagus ,kasih tau donk.

Thank.

Re: Java Mobile (J2ME)

Tonny Kohar

On Mon, 2008-02-18 at 07:50 +0700, [hidden email] wrote:
> Di milis ini jarang banget bahas ttg J2ME .
> Atau mungkin krn jarang dipakai kalee ya.
> Klo sobat2 ada yg tau milis J2ME yg bagus ,kasih tau donk.

Setahu saya ini milis nya Netbeans ([hidden email]),
ya topiknya kebanyakan soal netbeans, meskipun tidak menutup kemungkinan
untuk topik2 lain yang relevant spt: java, swing, j2me, j2ee, dll

Cheers
Tonny Kohar

--
KIYUT
imagine, design, create ...
http://www.kiyut.com

Re: Java Mobile (J2ME)

anom-3
On Feb 18, 2008 7:50 AM,  <[hidden email]> wrote:
> Di milis ini jarang banget bahas ttg J2ME .
> Atau mungkin krn jarang dipakai kalee ya.
> Klo sobat2 ada yg tau milis J2ME yg bagus ,kasih tau donk.

gak ada salahnya kok kalo mau nanya2 java me disini.... eh tapi selama
masih berhubungan ama netbeans lho ya...

--
Cate West - The Vanishing Files : http://www.catewest.com

http://a3log.wordpress.com
http://jedough.id-anime.info