Fwd: Perkembangan dan demo Kinabalu/Sekolah

Fwd: Perkembangan dan demo Kinabalu/Sekolah

Eko Budhi Suprasetiawan
--- In [hidden email], ... wrote:

Ehlo all,
Minggu 2 Maret 2007, saya dan temen-temen IGOS Codecamp bergerak ke
satu pesantren di kawasan Parung, Bogor.
Kami mencoba listening terhadap kebutuhan sistem administrasi
pesantren di sana.

Saya sedikit men-demokan Kinabalu/Sekolah yg saat ini sudah sampai
kepada :

1. Administrasi siswa -- pendaftaran, penempatan di kelas, mutasi
kelas, naik kelas
2. Administrasi staf
3. Pembuatan kategori kelas dan kelas-kelas
4. Pembuatan ruang kelas, waktu belajar
5. Penyusunan daftar rencana belajar per pelajaran per kelas untuk
rencana materi mingguan atau bulanan
6. Pembuatan laporan kegiatan belajar mengajar --- apa saja yg sudah
diajarkan, siapa murid absen/sakit/ijin
7. Pembuatan rencana ujian, jadwalnya, rencana materi ujian
8. Pembuatan laporan ujian, memasukkan nilai
9. Memantau perkembangan anak dalam hal nilai-nilai

Semua di atas adalah yg sudah selesai dikembangkan, dan telah
di-demokan di depan pesantren tsb.

Cheers ...

Eko Budhi S

--- End forwarded message ---

Re: Fwd: Perkembangan dan demo Kinabalu/Sekolah

hadi75
2008/3/5 Eko Budhi S, Ghifari.Org <[hidden email]>:

> [...]
> 9. Memantau perkembangan anak dalam hal nilai-nilai
>
> Semua di atas adalah yg sudah selesai dikembangkan, dan telah

Mas Eko, ada website-nya nggak yang menjelaskan Kinabalu/Sekolah  lebih
lanjut .......

OOT : Share Project Portal

sutikno sofjan
selamat sore,

maaf OOT,
saya mau share web buatan sendiri untuk sharing project
:: http://www.celesta.co.nr/forge

dibuat pake CakePHP selamat 1 minggu.

semoga berguna,

Sutikno.

nb :
 barangkali ada yang mau donatur hosting + Domain nya
 ditunggu ya ....

Re: Fwd: Perkembangan dan demo Kinabalu/Sekolah

Eriq Adams
salut. ilmu javanya dimanfaatkan untuk kepentingan umat.

--- In [hidden email], "Eko Budhi S, Ghifari.Org"

--- In [hidden email], hadi75 <hadi75@...> wrote:

> Mas Eko, ada website-nya nggak yang menjelaskan Kinabalu/Sekolah  lebih
> lanjut .......

Belum sempat marketing via Web. Tapi Live demo di sini :

http://test.ghifari.org/kinabalu-sekolah

Data server :
Linux, Tomcat, Java Development Kit 1.5, mySQL

Secara umum FAQ :
Q1
Siapa yg bisa memanfaatkan Kinabalu-Sekolah ?

1. Tim manajemen sekolah terkait perencanaan dan alokasi ruang,
tempat, guru, penjadwalan
2. Tim akademik sekolah, guru dan ortu dalam perencanaan dan pelaporan
kegiatan belajar mengajar
3. Pengelolaan sarana pendukung, seperti administrasi pendaftaran,
ruang asrama dan kegiatan ekskul

Q2
Apa 10 hal paling menarik dari Kinabalu/Sekolah ?

1. Kelengkapan data-data administrasi sekolah seperti data kelas, data
staf
2. Mekanisme administrasi pendaftaran, check list pemenuhan persyaratan
3. Pengelolaan data siswa, termasuk perkembangan studi, ekskul dan
nilai ujian/kompetensi
4. Pembuatan jadwal dan alokasi guru-ruang-pelajaran
5. Guru bisa melakukan perencanaan, dan laporan kegiatan belajar
6. Guru bisa melakukan perencanaan dan laporan ujian
7. Orang tua/murid bisa memanatau perkembangan kegiatan belajar
8. Terdapat dukungan pengelolaan gedung, asrama, penempatan dan mutasi
9. Terdapat dukungan buat kegiatan studi informal/atau ekskul

Q3
Apa yg bisa menjadi tantangan implementasi Kinabalu/Sekolah, yg belum
terpecahkan :

1. Kesediaan guru mengisi data di sela kesibukan baik kesibukan di
sekolah maupun kegiatan di luar sekolah
2. Apresiasi orang tua terhadap data-data yg tersedia
3. Apresiasi manajemen terhadap pengisian data, dan pemberian reward
buat yg telah mengisi data

Mudah-mudahan ada yg berhasil menemukan BUG, agar bisa diperbaiki :)
Menemukan bug adalah salah satu cara membantu pengembangan aplikasi
open source ini ...

Ditunggu penemuan BUG-nya !