Call iReport dari Netbean

toni koentjoro
Teman,....
saya mau minta tolong tanya sedikit :
saya udah buat ireport dg nama file nama1.jrxml
nah file nama1.jrxml ini mau aku execute nama1.jrxml lewat netbeans,
aku udah coba tapi belum berhasil, cara panggil nya seperti ini ;

    private void CetakActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt)
{
        String fileName ="/home/toni/Data/netbeans/iReport/";
        Map map = new HashMap();
//        map.put("Nama", (double)150000);
        try {
            JasperCompileManager.compileReportToFile(fileName +
"nama1.jrxml");
            JasperFillManager.fillReportToFile(fileName +
"nama1.jasper", map, getConnection());
            JasperViewer.viewReport(fileName + "nama1.jrprint", false);
        } catch (Exception e) {
            e.printStackTrace();
        }
    }

 public static Connection getConnection() {
    Connection con = null;
    Statement st = null;
    String url = "jdbc:mysql://localhost:3306/dbtes";
    String user = "root";
    String pass = "";
    try {
        Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver").newInstance();
        con = (Connection) DriverManager.getConnection(url, user, pass);
        st = (Statement) con.createStatement();
    } catch (Exception ex) {
        ex.printStackTrace();
    }
    return con;
}

yg aku masih bingung dan tidak tahu itu file nama1.jasper  dan
nama1.jrprint itu membuat nya dari mana ? apakah dari iReport nya  ?
trus untuk library nya  (jar)  yg di include kan ke netbean itu apa
saja ?
kalau aku include kan semua apa dapat memperlambat/memperbesar file
nya ?

thanks atas bantuan nya

Linux User  : 456774
Ubuntu User : 18142
Ym : honocoroko

Re: Call iReport dari Netbean

dhiku
> [...]
> saja ?
> kalau aku include kan semua apa dapat memperlambat/memperbesar file

ini soal siklus jasperreport aja,

dari mulai compile report: *.jrxml menjadi *.jasper
lalu di fill dengan data (dari database pke connection atau
datasource): *.jasper jadi *.jrprint
abis itu di-export pake exporter (pdf, xls, odt) atau bisa juga
di-view langsung,

Nah contoh kasus om toni,
1. JasperCompileManager.compileReportToFile(fileName +"nama1.jrxml");
akan membuat nama1.jasper dilokasi yg sama dengan nama1.jrxml

2. JasperFillManager.fillReportToFile(fileName +"nama1.jasper", map,
getConnection());
akan membuat report yg sudah difill dari nama1.jasper menjadi nama1.jrprint

3. JasperViewer.viewReport(fileName + "nama1.jrprint", false);
ini akan menampilkan hasil report yg sudah diisi dengan data melalui
JasperViewer

So ga ada hubungannya dengan iReport. Please bear in mind, iReport
just a visual designer for jasperreport.

Hadikusuma W.  -- Dhiku
YM: stealth_320

http://dhiku.wordpress.com

Re: Call iReport dari Netbean

dhiku
Coba perhatikan juga atribut name reportnya,

<jasperReport
                 name="user"
                 columnCount="1"
</jasperReport>

Walaupun nama filenya nama1.jrxml, kalo dicompile jadinya user.jasper.

2008/2/13 Hadikusuma Wahab (Dhiku) <[hidden email]>:

> [...]
> JasperViewer
>
> So ga ada hubungannya dengan iReport. Please bear in mind, iReport
> just a visual designer for jasperreport.

Hadikusuma W.  -- Dhiku
YM: stealth_320

http://dhiku.wordpress.com
Ayo gabung training Java EE tgl 7 - 10 Feb 08. Detail lihat disini,
http://dhiku.wordpress.com/2008/01/31/training-java-ee-di-liburan-imlek/