Banyak menggunakan variabel public static

Banyak menggunakan variabel public static

onsir salman
saya membuat program dengan multi form
saya dalam membuat variable dalam setiap form banyak
menggunakan variabel public.
misal di frame1 saya buat variabel spt ini, hanya di
gunakan di frame1 saja

public class JIF1 extends javax.swing.JInternalFrame {
    public static PreparedStatement pstmt,pstmt2=null;
    public static ResultSet rscek=null;
    public static Statement stmtcek=null;
    public static String SQL,SQL2=null;

lalu di frame2 saya buat variabel lagi yang sama dan
hanya digunakan di frame2 saja
public class JIF2 extends javax.swing.JInternalFrame {
    public static PreparedStatement pstmt,pstmt2=null;
    public static ResultSet rscek=null;
    public static Statement stmtcek=null;
    public static String SQL,SQL2=null;

yang jadi pertanyaan bagaimana sebaiknya pembuatan
variabel yg baik, dan pengaruhnya
terhadap niai-nilai variabel tsb bila lebih dari satu
frame yang di buka.

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/

Re: Banyak menggunakan variabel public static

Tonny Kohar
Hi,

On Tue, 2008-03-11 at 12:46 +0700, onsir salman wrote:

> [...]
> hanya digunakan di frame2 saja
> public class JIF2 extends javax.swing.JInternalFrame {
> public static PreparedStatement pstmt,pstmt2=null;

Sekedar comment, kenapa pakai public static, ini seperti memakai Global
variable yang menurut OO konsep sangat tidak di anjurkan. Lebih baik
konsep OO nya di perdalam, dalam hal ini Encapsulation (information
hiding).

Pertanyaan apa bedanya Object Oriented (java,.Net,c++) dengan prosedural
(c,foxpro,clipper) ?

> yang jadi pertanyaan bagaimana sebaiknya pembuatan
> variabel yg baik, dan pengaruhnya
> terhadap niai-nilai variabel tsb bila lebih dari satu
> frame yang di buka.

Setelah lebih mengenal Object Oriented programming lebih dalam,
pertanyaan di atas akan terjawab dengan sendirinya :)

Berhubung ini milis, susah menjelaskan panjang lebar mengenai OO dan
lebih baik membaca2 artikel yang sudah jadi (cari melalui google) supaya
tidak duplicate works and artikle tsb di tulis oleh profesional writer
(jadi bisa lebih jelas) dan plus mungkin ada gambar/diagram yang lebih
membantu.

Cheers
Tonny Kohar
--
KIYUT
imagine, design, create ...
http://www.kiyut.com

Re: Banyak menggunakan variabel public static

Tonny Kohar
Hi,

Sekedar tambahan cari artikel sebisa mungkin yang mengenai konsep OO,
jangan artikel tentang "membuat DB applikasi dengan Java", tapi lebih di
arahkan ke artikel eg: "Object Oriented konsep".

Karena artikel2 applied (membuat db dengan java) itu berasumsi bahwa
readernya sudah mengerti soal OO.

Jadi ada 2 tipe artikel
- artikel teori (OO,design pattern, dll)
artikel jenis ini biasanya membosankan, bertele2, tidak ada
applikasinya, teori doank. TAPI INI PERLU untuk KONSEP DASAR. Artikel
ini lekang di semua jaman, karena kita belajar konsep dasar, bukan
konsep applied.

- artikel applied (membuat form, memakai swing, dll)
artikel ini biasany artikel praktis untuk applikasi (aka langsung
praktek), biasanya artikel jenis ini lebih di suka / populer, tapi
mengandalkan artikel jenis ini, tanpa dasar yang kuat, akhirnya menjadi
bad practise. Artikel jenis ini hanya melatih untuk sekarang (tidak
untuk masa depan) eg: ketika framework di ganti, atau ada evolusi dari
bahasa pemograman/framework

Recomendasi
- baca artikel teori dulu (perkuat dasar)
- setelah itu baru baca artikel applied.

Cheers
Tonny Kohar
--
KIYUT
imagine, design, create ...

On Tue, 2008-03-11 at 13:53 +0700, Tonny Kohar wrote:

> [...]
>
> Cheers
> Tonny Kohar

Re: Banyak menggunakan variabel public static

Kazao™
Menambahkan

Untuk konsep OOP dari A sampe Z
sebenaranya ada di tutorial java,