Bagaimana konsep code untuk data field yg memiliki hubungan ManyToMany

Bagaimana konsep code untuk data field yg memiliki hubungan ManyToMany

syarif_0077
Hi All,
Saya pemula, sedang berlatih membuat POS javadesktop. Ada bagian tabel yg pemetaan hibernate-nya merupakan hub  ManyToMany, yaitu antara GeneralLedger (GL)  dgn Cost Center (CC). Satu CostCenter misalnya costcenter pemasaran atau costcenter administrasi mencakup banyak akunGL yang merupakan GL kelompok LabaRugi (=kelompok akunBiaya), dan satu akunBiaya bisa merupakan bagian dari banyak CC. Nantinya tujuan sy bisa membuat laporan bersifat matriks menampilkan akunbiaya2 dari masing2 CC pada laporan.
Pada contoh POS dari Mas Ifnu. ManyToMany ada pada hubungan antara Person dgn Role dan Menu. Namun saya tidak mendapatkan contoh yg lebih lanjut misalnya panel yg ada pd contoh hanya panelPerson. panelRole dan panelMenu belum ada. Pada panelPerson tidak ada field <property> untuk input  property yang terkait dgn ManyToMany ini.
Pertanyaan saya, apakah untuk tujuan di atas tidak perlu dibuat input masterdata property yg ada hub ManyToMany nya? Jadi berarti hanya input di panel transaksi saja terkait ini?
Adakah contoh code atau referensi yg lebih lengkap terkait master data atau transaksi yg berhub dgn ManyToMany?
Terimakasih.
regards,
syarif

Re: Bagaimana konsep code untuk data field yg memiliki hubungan ManyToMany

Ifnu bima
Pertama-tama saya perlu sedikit meluruskan, di buku saya juga saya
sudah sampaikan bahwa banyak praktisi yang merasa relasi ManyToMany
itu tidak praktis, karena table relasinya cuma punya 2 kolom saja,
padahal kita terkadang juga harus menyimpan data audit seperti
lastUpdatedDate, lastUpdatedBy dan version untuk optimistic locking.

Jadi sebaiknya ManyToMany diubah hubunganya, misalnya relasi
ManyToMany dari User ke Role diubah dengan menambahkan entity baru
UserRole, sehingga hubunganya jadi seperti ini :

User OneToMany UserRole
Role OneToMany UserRole

Jadi querynya lebih gampang, dan UInya lebih gampang pula. Di buat 3
Halaman, halaman untuk User, halaman untuk Role dan halaman untuk
UserRole, dimana dilakukan pemasangan antara User dan Role. User x
punya role apa saja dst.

--
http://ifnubima.org/indo-java-podcast/
http://tanyajava.com/download/javadesktop

regards

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Re: Bagaimana konsep code untuk data field yg memiliki hubungan ManyToMany

Oscar Kurniawan
sama kayak mas ifnu, sewaktu kuliah saya diajarkan untuk remapping relasi
many to many dari ERD ke tiga entitas tabel dimana dalam kasus ini kira2
ada tabel GL, CC dan satu tabel relasi GL*CC yg menyimpan relasi ke GL dan
ke CC. CMIIW :D