Apkh bisa Transaction jalan apbila tak ada relasi- satu tabel dgn tabel lainnya

Apkh bisa Transaction jalan apbila tak ada relasi- satu tabel dgn tabel lainnya

syarif_0077
Hello all,

Berkenaan dgn pertanyaan saya sebelumnya. Ini saya buat postingan baru, karena saya pikir topik baru supaya tidak membingungkan.

Jika ingin save/update ke berbagai tabel dari satu transaksi misalnya transaksi penjualan, selain ingin save/update ke penjualanHeader/penjualanDetail, Barang, Piutang dan juga GeneralLedger (GL) . Apabila Pelanggan tak dihubung kan dgn Glnya melalui hibernate mapping, tp katakanlah melalui varaible array di formUI  panelPenjualannya. Apakah untuk save/update bisa terlindungi oleh transantion manager dr Spring. Sehingga ketika save(penjualanHeader), save(barang), save(pelanggan), save(glPiutang), save(glPenjualan), save(glHargaPokok), save (glStok), bila terjadi error/eksepsi di salah satu bagian, dibatalkan seluruhnya.?  Bagaimanakah caranya supaya transaction berlaku?

salam,

Syarif
Pemula