Apakah java bisa ngeprint?

anas muttaqin
Masalah nya adalah : ketika selasai melakukan penginputan pada sebuah form anggap saja form data pribadi,hasil output dri data yg telah diinputin Saya ingin lgsg mencetak nya/nge print pke mesin printer, apakah java bisa melakukan tersebut? tnpa harus masuk ke ireport.. habis input, klik tombol "Cetak" lgsg ke cetak/di print.. mohon pencerahannya.. Makasih

Re: Apakah java bisa ngeprint?

Ifnu bima
2013/3/5 anas muttaqin <[hidden email]>
> Masalah nya adalah : ketika selasai melakukan penginputan pada sebuah form anggap saja form data pribadi,hasil output dri data yg telah diinputin Saya ingin lgsg mencetak nya/nge print pke mesin printer, apakah java bisa melakukan tersebut? tnpa harus masuk ke ireport.. habis input, klik tombol "Cetak" lgsg ke cetak/di print.. mohon pencerahannya.. Makasih

Bisa, tapi sayangnya pake Graphic2D, alias kita harus membuat "gambar"
dari tampilan yang akan kita print menggunakan kode, bukan menggunakan
UI seperti iReport.

http://docs.oracle.com/javase/tutorial/2d/printing/index.html
http://www.apl.jhu.edu/~hall/java/Swing-Tutorial/Swing-Tutorial-Printing.html

Cara kedua adalah text printing menggunakan JTextComponent :

http://docs.oracle.com/javase/tutorial/uiswing/misc/printtext.html

Atau menggunakan Java Print text library :

http://www.netcat.li/java-report-printing-library/tutorial.html

Kalau masih gak puas, silahkan lihat Low Level Java Print API

http://docs.oracle.com/javase/6/docs/technotes/guides/jps/spec/JPSTOC.fm.html

--
http://ifnubima.org/indo-java-podcast/
http://project-template.googlecode.com/

regards

Re: Apakah java bisa ngeprint?

Benny-44
Eh coba pake JasperPrintManager.printReport method di lib nya jasper report

Regards,

Benny Indra

Pada 5 Mar 2013, pukul 09:37, Ifnu bima <[hidden email]> menulis:

> [...]
>
> http://www.netcat.li/java-report-printing-library/tutorial.html
>
> Kalau masih gak puas, silahkan lihat Low Level Java Print API

fajar
gmn mas,, sudah berhasil belummm,,
saya juga baru nyari caranya ngeprint,, udah berhasil print c,,
 tapi harus masuk pengaturan dulu,, gak bisa otomatis print